LAKIP 2015 RSUD Dr. H.Moch. Ansari Saleh

BAB I

PENDAHULUAN

A.        LATAR BELAKANG

Dalam rangka mendukung Visi Kalimantan Selatan “Berkembang Maju, Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Damai” (BERMUNAJAD) dan merujuk Visi Pembangunan Kesehatan Propinsi “Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan” yang ditandai dengan keadaan penduduk yang hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata yang pada akhirnya memiliki derajat kesehatan yang tinggi.

 Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 6 Tahun 2008, tanggal 15 April  2008, Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang berlokasi  di Jalan. Brigjend H. Hasan Basry No. 1 Banjarmasin ini dengan luas tanah  87.675 m2..

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin ini sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah  ( SKPD ) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah rujukan Kota Banjarmasin, Batola, dan Wilayah sekitarnya serta mengingat bahwa telah ditetapkannya Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin sebagai Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor : 372 / MENKES / SK / IV / 2008, pada tanggal 15 April 2008, maka Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin menyelenggarakan pelayanan dengan :

 

  1. Menyediakan fasilitas terdepan yang terjangkau bagi masyarakat menengah kebawah. Renovasi yang ditargetkan dapat menampung pelayanan VIP dan diharapkan akan sedikit mengeser segmen pasar yang tidak hanya berkutat dikelas menengah kebawah, tetapi juga menengah keatas.
  2. Mengutamakan kenyamanan dan keselamatan pasien melalui keramahan pelayanan, kecepatan / kelancaran serta kebersihan sarana dan prasarana di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah.

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin, sebagai Rumah Sakit Umum Daerah kelas B, juga menyelenggarakan praktek belajar lapangan bagi Mahasiswa  Fakultas Kedokteran Umum maupun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Poltekes Banjarbaru, Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan Negeri maupun Swasta.

B.         TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas pokok dan fungsi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin seperti tersebut dalam Peraturan Daerah Nomor : 035 Tahun 2009 adalah sebagai berikut : melaksanakan upaya pelayanan kesehatan secara berdayaguna dan berhasilguna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan serta pencegahan dan melaksankan upaya rujukan sesuai dengan peraturan per undang – undangan yang berlaku.

Sedangkan fungsi Rumah Sakit Umum Daerah sesuai pada  Peraturan Daerah Nomor : 035 Tahun 2009 adalah :

  1. Pelayanan medis.
  2. Pelayanan penunjang medis.
  3. Pelayanan Asuhan Keperawatan.
  4. Pelayanan Rujukan.
  5. Pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan
  6. Pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
  7. Pengelolaan urusan Ketatausahaan

    C.          STRUKTUR ORGANISASI

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur Kalimantan Selatan.

Susunan organisasi rumah sakit  terdiri  dari  :

- Direktur                                                                  :     eselon            IIb

- Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan          :     eselon            IIIa

- Kepala Bagian Tata Usaha                                     :     eselon            IIIb

- Kasubag Umum dan Perlengkapan                        :     eselon            IVa

- Kasubag Hubungan Masyarakat, Hukum dan

  Pemasaran                                                               :     eselon            IVa

- Kasubag Kepegawaian                                           :     eselon            IVa

- Kepala Bagian Keuangan                                       :     eselon            IIIb

- Kasubag Anggaran dan Akutansi                           :     eselon            IVa

- Kasubag Perbendaharaan dan Verifikasi                :     eselon            IVa

- Kasubag Pengelolaan Dana                                    :     eselon            IVa

- Kepala Bagian Penyusunan Program dan

  Rekam Medik                                                         :     eselon            IIIb

- Kasubag Rekam Medik                                          :     eselon            IVa

- Kasubag Penyusunan Program                               :     eselon            IVa

- Kasubag Evaluasi dan Pelaporan                            :     eselon            IVa

- Wakil Direktur Pelayanan Medik                           :     eselon            IIIa

- Kepala Bidang Pelayanan Medik                           :     eselon            IIIb

- Kepala Seksi Sumber Daya Manusia dan

  Mutu  Medik                                                           :     eselon            IVa

- Kepala Seksi Sarana  Medik                                   :     eselon            IVa

- Kepala Bidang Perawatan                                      :     eselon            IIIb

- Kepala Seksi Sumber Daya Manusia dan

  Mutu Keperawatan                                                 :     eselon            IVa

- Kepala Seksi Sarana Keperawatan                         :     eselon            IVa

- Wakil Direktur Penunjang Medik                           :     eselon            IIIa

- Kepala Bidang Penunjang Medik                           :     eselon            IIIb

- Kepala Seksi Sumber Daya Manusia dan

  Mutu Penunjang                                                      :     eselon            IVa

- Kepala Seksi Sarana Penunjang Medik                  :     eselon            IVa

- Kepala Bidang Pendidikan Penelitian dan

  Pengembangan                                                        :     eselon            IIIb

- Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan                 :     eselon            IVa

- Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan          :     eselon            IVa

- Komite Medik                                                        :     fungsional

- Komite Keperawatan                                              :     fungsional

- Staf Medik Fungsional                                           :     fungsional

- Satuan Pengawas Internal                                      :     fungsional

- Instalasi-instalasi                                                     :     fungsional

 

Dalam pelaksanaan  tugas pokok dan fungsi  Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan sesuai struktur organisasi yang ditetapkan, didukung ketersedian sarana dan prasarana kelembagaan, sistem prosedur yang baku serta jumlah pegawai yang cukup dan penyediaan anggaran yang memadai. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin pada tahun 2015 melaksanakan program kegiatan sebagai berikut :

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana & Prasarana Aparatur
  3. Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin.
  4. Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Umum Daerah

 Baca Selengkapnya .. klik >> LAKIP RSUD ANSARI SALEH 2015

 

BAB II

RENCANA STRATEGIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

 

A.   Rencana Strategik.

1.      Visi

“ Terwujudnya Pelayanan Prima (Excellent Service) Bagi Masyarakat Tahun 2015 “

2.      Misi

    1. Mengembangkan Pusat Rujukan Pelayanan Kesehatan dengan unggulan  Penyakit Syaraf, Penyakit Infeksi dan Penyakit Trofik di Provinsi Kalimantan Selatan.
    2. Mengembangkan aspek pendidikan dan penelitian  bagi tenaga medik dan tenaga  kesehatan lainnya.
    3. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya kesehatan.
    4. 3.      Tujuan
      1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas jenis pelayanan.
      2. Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia.
      3. Tersedianya sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah.

        4.      Sasaran

Meningkatkan  prosentase kepuasan pasien sesuai standar pelayanan minimal.

5.      Kebijakan

    1. Penyelenggaraan pelayanan yang berpihak kepada masyarakat.
    2. Penyelenggaraan pelayanan secara profesional.
    3. Pembangunan dan pemeliharaan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah.
    4. Pemenuhan sarana system informasi manajemen Rumah Sakit Umum Daerah.
    5. Perluasan pelayanan kesehatan umum dengan unggulan Pusat Pelayanan Rujukan Penyakit Syaraf, Infeksi dan Penyakit Trofik.

      6.      Program - Program
      1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
      2. Program Peningkatan Sarana & Prasarana Aparatur
      3. Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin.
      4. Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit.

 

B. Rencana Kinerja SKPD Tahun  2015.

Rencana Kinerja Tahunan ( RKT ) merupakan dokumen perencanaan tahunan, yang bersifat lebih teknis dan operasional serta menjabarkan sasaran Strategik yang telah ditetapkan didalam Rencana Strategik ( Renstra ). Sasaran Strategik dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan – kegiatan yang didalamnya tergambar indikator – indikator kegiatan dan rencana tingkat capaian atau target yang hendak dicapai.

Rencana kinerja berkaitan dengan Kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang dijabarkan ke dalam usulan kegiatan – kegiatan teknis dan kegiatan – kegiatan administrasi umum. Terhadap usulan – usulan tersebut dilakukan evaluasi dari aspek anggarannya untuk ditetapkan alokasi anggarannya.

Usulan kegiatan – kegiatan teknis dan kegiatan – kegiatan administrasi umum yang mendapatkan alokasi anggaran kemudian dirangkai menjadi suatu kesatuan Rencana Kinerja Tahunan. Dengan demikian terhadap Rencana Kinerja Tahunan yang telah disusun, pada dasarnya telah tersedia anggaran sesuai dengan alokasi yang ditetapkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah            ( APBD ).

 

 1.      Sasaran

Meningkatkan  prosentase kepuasan pasien sesuai standar pelayanan minimal.

2.      Program

    1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
    2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
    3. Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin.
    4. Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Umum Daerah

      3.      Kegiatan
      1. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan
      2. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor
      3. Penyediaan Jasa Pelayanan Kesehatan
      4. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor
      5. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional
      6. Penyediaan biaya bantuan  pengobatan bagi keluarga miskin.
      7. Pengadaan Alat-Alat Kedokteran dan Kesehatan (DAK)
      8. Pengadaan Alat-Alat Kedokteran dan Kesehatan (Pendamping DAK)
      9. Pengadaan Alat-Alat Kedokteran dan Kesehatan
      10. Pengembangan Hospital University

        4.      Indikator kinerja kegiatan

Berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan nomor. 188.44/0549/kum/2012, Indikator kinerja utama untuk Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin adalah Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Instansi Pelayanan Publik. Sehingga indikator kinerja kegiatan yang dapat dinilai adalah  meningkatkan prosentase kepuasan pasien sesuai standar pelayanan minimal.

 

 Baca Selengkapnya .. klik >> LAKIP RSUD ANSARI SALEH 2015

 

 

Baca Selengkapnya .. klik >> LAKIP RSUD ANSARI SALEH 2015

 

 

(Sunram-Evapor RSAS/ IT-PDE)

Berita Terkait

6 Komentar

paket sound system | 26 April 2016 - 16:49:51 WIB
Terimakasih banyak gan atas informasinya, sangat baik dan bagus. semoga bermanfaat dan sukses terus untuk semuanya
cari bisnis online | 04 April 2016 - 14:27:24 WIB
komplit juga laporan posisinya ya.
Manfaat Air Putih | 14 Maret 2016 - 09:22:42 WIB
ditunggu
Manfaat Kunyit | 14 Maret 2016 - 09:21:54 WIB
ok
Pembersih Wajah Alami | 14 Maret 2016 - 09:21:21 WIB
ditunggu
trikcasino | 10 Maret 2016 - 16:57:25 WIB
ditunggu update berikutnya ya bos.

Isi Komentar